Berikut adalah langkah-langkah persiapan sebelum pelaksanaan sosialisasi inklusif:
a. Pembentukan Tim Sosialisasi
Tim sosialisasi adalah tim yang bertanggung jawab untuk kegiatan sosialisasi PCSP dan kegiatan yang terkait pembangunan infrastruktur air limbah di Kota Palembang. Tujuan dari pembentukan tim ini adalah untuk memastikan perencanaan kegiatan sosialisasi dapat dilakukan secara sistematis, terukur, dan efektif. Tim sosialisasi PCSP dibentuk pada tanggal 27 April 2021 melalui SK Walikota Palembang No. 227/KTPS/BAPPEDA LITBANG/2020 tentang Tim Sosialisasi Pembangunan IPAL Kota Palembang.
Tim Sosialisasi PCSP Terdiri dari:
- Pengarah : Walikota Palembang dan Wakil Walikota Palembang
- Penasehat : Sekretaris Daerah Kota Palembang
- Ketua : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palembang
- Wakil Ketua I : Kepala Dinas PUPR Kota Palembang
- Wakil Ketua II : Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang
- Sekretaris : Kepala Bagian Adm. Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Palembang
- Wakil Sekretaris : Kepala Bidang SDAIL Dinas PUPR Kota Palembang
- Anggota (Dinas/Instansi):
- Bappeda Kota Palembang
- Dinas PUPR Kota Palembang
- Dinas Perkimtan Kota Palembang
- Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang
- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palembang
- Dinas Kominfo Kota Palembang
- Dinas Kesehatan Kota Palembang
- Dinas Sosial Kota Palembang
- Perumda Tirta Musi
- Camat Bukit Kecil Kota Palembang
- Camat Ilir Timur 1 Kota Palembang
- KIAT-CMC
- KIAT-PERINTIS
Berdasarkan rangkaian lokakarya Tim Sosialisasi PCSP 11 Januari 2023, pembagian peran Tim Sosialisasi PCSP dibagi dalam 2 fungsi utama, yaitu:
- Diseminasi Informasi, yang bertujuan untuk menyebarkan pesan sosialisasi PCSP melalui media digital (website dan media sosial), media mainstream (Media Cetak, TV, dan Radio), broadcast WhatsApp melalui berbagai jaringan yang masif, dan menampilkan alat bantu Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) PCSP melalui media milik pemerintah seperti Billboard dan Videotron. Instansi yang fokus menjalankan fungsi ini adalah Dinas Kominfo, Dinas Sosial, Dinas P3A, Dinas PERKIMTAN, dan Dinas Lingkungan Hidup.
- Sosialisasi door-to-door dan Pertemuan Komunitas, yang bertujuan untuk menyampaikan pesan sosialisasi PCSP secara langsung melalui pertemuan tatap muka, baik dengan cara mengunjungi rumah masyarakat yang menjadi target sasaran ataupun membuat pertemuan yang dihadiri oleh masyarakat yang menjadi target sasaran. Instansi yang fokus menjalankan fungsi ini adalah Dinas PUPR, Perumda Tirta Musi, Dinas Kesehatan dan perangkat Kecamatan/Kelurahan.
b. Pembuatan Strategi Sosialisasi
Strategi sosialisasi/promosi diperlukan agar kegiatan yang akan dilaksanakan dapat terencana dan terukur dengan baik. Dalam pembuatan strategi sosialisasi, Tim Sosialisasi PCSP didukung oleh proyek PERINTIS melaksanakan rangkaian kegiatan sebagai berikut:
- Lokakarya pembuatan strategi sosialisasi untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi PCSP bagi pemerintah dan masyarakat juga menentukan jenis metode sosialisasi dan saluran komunikasi yang tepat bagi masyarakat Kota Palembang.
- Pembuatan mind map untuk menentukan peran dan tanggung jawab setiap dinas dan instansi terkait baik pemerintah maupun non pemerintah.
- Penyusunan rencana kegiatan sosialisasi yang meliputi: Lokasi sosialisasi, Metode distribusi KIE, dan Pelibatan Lurah/Ketua RT & RW di dalam menyelenggarakan sosialisasi di masyarakat.
- Penyusunan KIE melalui konsultasi dengan Tim Sosialisasi PCSP dan masyarakat.
- Melibatkan pemangku kebijakan dalam setiap proses dan kemajuan dari kegiatan. Seperti contoh melibatkan Direktur PTM atau Pejabat Pemerintah untuk hadir dalam kegiatan khusus seperti Hari Toilet sedunia, Hari perempuan internasional, dsb.
Silakan klik contoh mind map PCSP untuk mengetahui proses identifikasi masalah dan pembuatan strategi sosialisasi.
c. Pembuatan Materi Sosialisasi/ Komunikasi Informasi Edukasi (KIE).
Materi KIE dibuat sebagai alat yang mempermudah komunikasi pada saat sosialisasi. Materi KIE bisa berupa cetak, digital, audio visual, dan berbagai merchandise.
Silakan klik di sini untuk melihat pelaksanaan sosialisasi inklusif