Sosialisasi Setelah Konstruksi
Setelah pipa Sambungan Rumah terpasang, sosialisasi pascakonstruksi bertujuan untuk memberikan informasi terkait langkah-langkah pemeliharaan agar pipa Sambungan Rumah dapat berfungsi dengan baik. Informasi terkait tarif bulanan dan cara menghubungi Perumda Tirta Musi sebagai operator pelayanan dan operasional jaringan perpipaan air limbah perlu disampaikan kepada para pemilik rumah.
Pesan kunci yang akan disampaikan pada fase ini adalah:
- Menjelaskan cara merawat dan pemeliharaan pipa Sambungan Rumah.
- Informasi bahwa Perumda Tirta Musi menjadi Operator SPALD-T .
- Informasi Tarif bulanan Air Limbah.
Berikut adalah Langkah-langkah untuk melakukan sosialisasi door-to-door pada fase setelah konstruksi:
Penyebaran Alat Bantu Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) PCSP
Penyebaran KIE ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan informasi tentang cara merawat dan memelihara pipa Sambungan Rumah. Berikut adalah produk-produk komunikasi yang disebarkan pada fase setelah konstruksi:
Poster
Poster ini berfungsi untuk menggantikan poster yang sudah dipasang pada fase di saat konstruksi. Penggantian poster bertujuan untuk menginformasikan masyarakat bahwa pipa Sambungan Rumah telah terpasang dan bagaimana cara merawatnya.
b. Sosialisasi Door-to-door
Sosialisasi ini menargetkan pemilik rumah yang telah terpasang pipa Sambungan Rumah. Tim sosialisasi dapat menjelaskan secara langsung bagaimana cara untuk merawat dan memelihara fasilitas pipa Sambungan Rumah yang telah terpasang, sekaligus mengecek kembali apakah ada keluhan dari masyarakat yang belum diselesaikan.
Untuk membantu memberikan informasi kepada pemilik rumah, berikut adalah KIE PCSP yang dapat digunakan:
Stiker
Stiker berukuran A5 ini ditempelkan di rumah masyarakat yang telah terpasang pipa Sambungan Rumah agar penghuni rumah dapat mengingat cara memelihara Sambungan Rumah dan juga mengetahui kontak yang dituju jika terjadi masalah ada ada hal-hal yang ingin ditanyakan.