Pada fase ini, sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi yang menyeluruh terkait fasilitas Sambungan Rumah yang akan terpasang di rumah mereka, proses dan lamanya pemasangan Sambungan Rumah, serta hak dan kewajiban pemilik rumah selama masa konstruksi berlangsung. 

Dalam proses pemasangan Sambungan Rumah, akan ada potensi munculnya ketidaknyamanan bagi penghuni rumah, khususnya bagi kelompok rentan seperti ibu hamil dan menyusui, lanjut usia, orang dengan disabilitas, dan anak-anak. Pesan perlindungan dan keamanan selama masa konstruksi, seperti perlindungan anak dan pencegahan eksploitasi, kekerasan, dan pelecehan seksual, perlu disampaikan pada tahap ini termasuk tata cara penyampaian aduan dan keluhan yang dialami warga kepada pihak yang berwenang. Tema warna KIE PCSP pada fase saat konstruksi dapat menggunakan warna hijau.

Pesan kunci yang akan disampaikan pada fase ini adalah:

  • Informasi jadwal pemasangan Sambungan Rumah.
  • Informasi Hak dan Kewajiban Pemilik Rumah ketika pemasangan Sambungan Rumah.
  • Informasi yang boleh dan tidak boleh masuk ke saluran pembuangan.
  • Informasi Mekanisme Keluhan yang Inklusif.

Berikut adalah produk-produk komunikasi yang disebarkan pada fase saat konstruksi:

a. Brosur

Brosur

Brosur ini berisi informasi yang mengingatkan tentang manfaat IPAL agar minat masyarakat untuk memasang Sambungan Rumah tidak berubah, dan juga informasi tentang Hak dan Tanggung Jawab pemilik rumah yang akan dipasang pipa Sambungan Rumah

b. Poster

Poster ini berfungsi untuk menggantikan poster yang sudah dipasang pada fase sebelum konstruksi. Penggantian poster bertujuan untuk menginformasikan masyarakat bahwa dalam waktu dekat wilayah mereka akan dipasang pipa Sambungan Rumah.

c. Video

Video pendek berdurasi singkat sekitar 2 menit ini menginformasikan tentang manfaat Sambungan Rumah, informasi teknis tentang pemasangan pipa Sambungan Rumah, dan bagaimana cara merawat pipa Sambungan Rumah. Video ini menargetkan pemilik rumah yang sudah akan dipasang pipa Sambungan Rumah dengan cara disebarkan melalui pesan Whatsapp yang dikirimkan oleh Ketua RT/RW.

Informasi Mekanisme KeluhanInformasi terkait Mekanisme Keluhan dapat dibagikan melalui berbagai macam produk komunikasi, seperti poster, stiker, atau dibagikan melalui media sosial dan WhatsApp Group.

d. Informasi Mekanisme Keluhan

A poster with text and images Description automatically generated

Informasi terkait Mekanisme Keluhan dapat dibagikan melalui berbagai macam produk komunikasi, seperti poster, stiker, atau dibagikan melalui media sosial dan WhatsApp Group.

e. Konten Instagram

Konten instagram

Konten Instagram diapat diunggah oleh akun resmi Pemerintah Kota Palembang seperti Dinas Kominfo dan di dinas terkait lainnya.

Silakan klik di sini untuk melihat strategi distribusi KIE PCSP bagian 3