Setelah menyelesaikan masa uji coba Pemasaran Sosial dan memastikan layanan LLTT dapat berjalan dengan baik secara teknis, maka pelaksanaan sosialisasi LLTT dapat dijalankan secara penuh oleh Perumda Tirta Musi.
Secara garis besar, berikut adalah tahapan pelaksanaan sosialisasi LLTT yang dapat dijalankan:
1. Peluncuran (Soft Launching or Launching) Layanan LLTT
Sebagai program layanan baru dari Perumda Tirta Musi, maka sangat penting untuk merancang acara peluncuran program atau launching. Launching akan membuat program LLTT lebih kuat gemanya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan launching:
- Peluncuran dilakukan setelah masa uji coba. Hal ini untuk memastikan bahwa Perumda Tirta Musi selaku operator telah siap untuk melayani ketika masyarakat telah mengetahui keberadaan LLTT.
- Sedapat mungkin, peluncuran diresmikan oleh Kepala Daerah. Hal ini penting untuk mendapatkan dukungan politis dari semua pihak.
- Peluncuran dilakukan di lokasi yang sudah dilayani oleh LLTT sehingga dapat menunjukkan contoh nyata yang dapat dikunjungi dan dilihat.
- Selain acara seremonial, menampilkan testimoni dari masyarakat yang sudah menerima layanan LLTT merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.
- Acara peluncuran diakhiri dengan seluruh peserta, termasuk Kepala Daerah, tokoh masyarakat, influencer, dan peserta menandatangani formulir pendaftaran menjadi pelanggan LLTT dan diliput oleh media, kemudian diikuti oleh seluruh pegawai Perumda Tirta Musi untuk mendaftar menjadi pelanggan LLTT.
2. Sosialisasi (Above the Line)
Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk memperkenalkan keberadaan LLTT kepada khalayak sasaran. Hal ini dilakukan sebelum produk dipasarkan. Contohnya adalah memasang spanduk di tempat-tempat strategis di lokasi pemasaran atau melalui pemberitaan media massa. Meskipun komunikasi yang dilakukan satu arah, namun perlu disertakan QR Code, nomor kontak dan tautan (untuk materi digital) yang akan ditempatkan di setiap produk komunikasi agar masyarakat dapat langsung mendaftarkan diri sebagai pelanggan. Informasi tersebut juga untuk memberitahukan bahwa kini telah hadir layanan LLTT dengan berbagai manfaat dan keunggulannya serta menawarkan merchandise jika pelanggan melakukan registrasi pada masa promosi sebagai bagian dari brand awareness atau penyadaran merek.
3. Pemasaran Kelompok (Below the Line)
Setelah melakukan tahap sosialisasi massal melalui Above the Line, dilakukan pemasaran kelompok yang lebih intensif. Tim Pemasaran Sosial Air Limbah Perumda Tirta Musi dapat mengoptimalkan kolaborasi dengan Mitra Lokal untuk melaksanakan peran mereka seperti yang dijelaskan pada tabel LLTT dan mengidentifikasi kegiatan yang berpotensi untuk menjual layanan LLTT. Sebagai contoh, sosialisasi LLTT oleh RT/RW dalam forum masyarakat, Kader PKK menyampaikan manfaat LLTT dan menawarkan anggota arisan untuk menjadi pelanggan, serta Kader Kesehatan menyampaikan manfaat kesehatan dan lingkungan dengan menerapkan sanitasi yang aman dan layanan LLTT. Pada tahap ini, penjelasan lebih mendalam mengenai program LLTT dapat diberikan melalui mobile demo unit, termasuk penyedotan tangki septik hingga informasi tarif. Formulir pendaftaran harus tersedia di setiap kegiatan dan siap dibagikan kepada calon pelanggan.
4. Pemasaran door-to-door
Pemasaran door-to-door adalah cara yang paling intensif untuk merekrut pelanggan. Bila telah dilakukan tahap-tahap sebelumnya maka tahap ini adalah tindak lanjutnya. Penjelasan harus diberikan lebih mendetail orang per orang.
5. Penguatan brand/citra pelayanan
Kegiatan penguatan brand dilakukan bersamaan dengan kegiatan perayaan, seperti ulang tahun Kota Palembang, Hari Toilet Sedunia, dan Hari Sanitasi, yang akan membantu membangun momentum promosi. Kegiatan penguatan brand dapat dilakukan dengan membuka booth di pameran/event atau mengadakan kuis online berhadiah melalui media sosial atau memamerkan mobile demo unit atau alat peraga bergerak seperti Motor si IPAL. Pada momentum pameran/event, Tim Pemasaran Sosial dapat membuat video pendek, e-poster dan Kuis Media Sosial untuk mempromosikan pameran dan event melalui media resmi, broadcast Whatsapp Group, dan akun media sosial influencer. Untuk menarik minat pengunjung, Tim Pemasaran Sosial dapat memberikan diskon atau hadiah khusus bagi pengunjung yang mendaftar sebagai pelanggan LLTT di booth Perumda Tirta Musi.